Cara Membongkar ADF Mesin Fotocopy

Cara Membongkar ADF Mesin Fotocopy

Automatic Document Feeder (ADF) merupakan sebuah komponen pada mesin fotocopy yang berfungsi untuk menggandakan berkas atau kertas secara otomatis. Terlebih lagi untuk dokumen yang sifatnya tebal dan banyak, misalnya buku, makalah, skripsi, dan sebagainya. Namun, terkadang akibat penggunaan mesin fotocopy yang terlalu sering membuat kinerja ADF menurun.

 

Maka dari itu, komponennya pun perlu dibersihkan dan dicek secara berkala. Berikut cara membongkar ADF mesin fotocopy dan cara perawatan yang perlu diperhatikan.

 

Keunggulan ADF Mesin Fotocopy 

Komponen ADF mesin fotocopy memang memiliki keunggulan tersendiri. Bahkan, kualitas ADF yang baik kecepatannya mampu mencapai lebih dari 10 ribu lembar kertas per jam. Kemudian, bisa membaca kedua sisi kertas di saat yang sama. Bila menggunakan imprinter, scanner bisa memberikan tanda di bagian lembaran yang sudah dipindai. 

 

ADF mesin fotocopy ini sangat cocok bila dipasangkan menggunakan perangkat lunak berteknologi canggih seperti Digital Mark Reader dalam pengarsipan maupun manajemen dokumen di sebuah perkantoran.

 

Membongkar ADF Mesin Fotocopy Canon

Mesin fotocopy Canon merupakan mesin yang paling banyak digunakan pada copy center. Hal ini karena mesin tersebut memiliki kualitas terbaik. Namun, agar mesin tetap prima bagian ADF pun perlu diperiksa kembali. Berikut cara membongkar ADF mesin fotocopy Canon yang bisa Anda lakukan.

  1. Langkah awal adalah dengan masuk pada menu “Service Mode” lanjutkan dengan menekan *28*
  2. Pilihlah menu “FEEDER”
  3. Geserlah bagian penjepit kertas di ADF pada posisi ukuran A4, lalu tekan “TRY– A4 – OK”
  4. Geserlah bagian penjepit kertas di ADF pada posisi ukuran A5R, lalu tekan “TRY– A5R – OK”
  5. Geserlah bagian penjepit kertas di ADF pada posisi ukuran LTR, lalu tekan “TRY-LTR – OK”
  6. Geserlah bagian penjepit kertas di ADF pada posisi ukuran LTRR, lalu tekan “TRY-LTRR – OK”
  7. Masukkanlah selembar kertas ukuran tertentu seperti A4 ke dalam ADF maupun feeder dan tekan menu “FEED ON
  8. Terakhir, matikan mesin fotocopy dari saklar beberapa saat untuk memberikan jeda dan nyalakan kembali

Baca juga: Penting! Tips Cara Perawatan Mesin Fotokopi Agar Lebih Awet

Perawatan yang Perlu Dilakukan

Selain cara membongkar ADF mesin fotocopy, Anda pun juga perlu mengetahui cara perawatannya. Dengan merawat ADF secara berkala, Anda dapat meminimalisir kerusakan tingkat lanjut pada mesin fotocopy. Ada beberapa bagian yang wajib dibersihkan secara rutin. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

 

 

  • Membersihkan Roller ADF Mesin Fotocopy

 

ADF sendiri memiliki beberapa bagian penting yang vital untuk proses fotocopy. Salah satunya adalah roller mesinnya. Anda bisa membersihkan roller ini dengan menggunakan kain yang sudah bersih. Bila perlu, bisa juga dengan menggunakan alkohol untuk membersihkan debu dan kotoran yang menyangkut dan menumpuk.

 

Bagian karet-karet pada roller juga harus dibersihkan. Apabila kondisinya sudah mulai licin, sebaiknya gantilah dengan roller yang baru. Roller ADF yang sudah tidak berfungsi dengan baik dan licin menjadi faktor utama mesin fotocopy tidak bisa menarik kertas.

 

 

  • Perhatikan Karet Pada Bagian Bawah Roller ADF

 

Tidak hanya pada bagian karet atasnya saja, Anda pun perlu memperhatikan karet di bagian bawah roller ADF mesin fotocopy. Pada saat melakukan perbaikan dan cara membongkar ADF mesin fotocopy karet bagian bawah ini, pastikan agar tidak rusak. Misalnya tidak stabil maupun terlihat kempis. Bila kondisinya demikian, Anda harus menggantinya dengan yang baru agar kertas tidak tersangkut dan masuk kembali ke dalam mesin pada saat proses fotocopy.

 

 

  • Pemrograman Cleaning ADF

 

Setelah membersihkan kedua bagian tersebut, periksa kembali apakah ADF dapat berjalan normal kembali. Untuk melakukannya, sebenarnya sangat mudah. Anda bisa melakukan langkah-langkah yakni klik tombol “Additional Function.” Kemudian, carilah menu “Adjustment/Cleaning.” Lanjutkan dengan meng-klik “Cleaning Feeder.” Jangan lupa untuk mengecek fungsinya dan masukkan beberapa lembar kertas pada bagian ADF. Tunggulah beberapa saat, apakah sudah lancar atau masih ada kertas yang masih tersangkut.

 

 

  • Jangan Lupa Cek Kaca Bagian Bawah

 

Bagian terakhir yang perlu dicek dan sebagai langkah dari cara membongkar mesin ADF fotocopy ialah bagian kaca bawah. Kerap kali, para teknisi mesin fotocopy lupa mengecek bagian ini, padahal penting. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada potongan kertas yang tersangkut. Saat potongan kertas ini tersangkut, maka proses fotocopy pun menjadi terganggu.

Setidaknya itulah cara membongkar mesin ADF secara sederhana beserta cara-cara merawatnya dengan baik. Bila komponen mesin fotocopy Anda rusak, tak perlu khawatir untuk mendapatkan komponen mesin fotocopy terbaik dengan kualitas terbaik. Salah satunya bisa Anda dapatkan hanya di PusatFotokopi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat