Cara Install Hardisk Mesin Fotocopy

Cara Install Hardisk Mesin Fotocopy

Hardisk mesin fotocopy adalah media penyimpanan data dan sistem yang disematkan di dalamnya oleh produsen. Saat ini, kebanyakan mesin fotocopy sudah dibekali dengan hardisk untuk mendukung kinerjanya. Sebut saja mesin fotocopy merek Canon Image Runner (IR) segala tipe yang sudah memiliki hardisk di dalamnya. Umumnya, komponen tersebut sudah di-install oleh produsen. Namun terkadang, ada beberapa hal yang membuat Anda harus tahu cara install hardisk mesin fotocopy agar tak melulu bingung saat mesin eror. Langsung saja, berikut cara lengkapnya. 

 

Cara Install Hardisk Mesin Fotocopy Pakai SST

Cara install hardisk mesin fotocopy paling mudah adalah dengan menggunakan program Service Support Tools atau SST. Program ini adalah bawaan dari Canon yang memang digunakan untuk install hardisk mesin fotocopy. Setelah memiliki program ini di komputer atau laptop, selanjutnya Anda akan butuh Firmware, sebuah software yang akan membantu menjalankan program SST di komputer. 

 

Layaknya Windows pada laptop, Firmware adalah sistem yang menjalankan program di mesin fotocopy. Jika SST dan Firmware sudah dimiliki, simak langsung cara install hardisk mesin fotocopy berikut ini. 

 

Langkah-Langkah Install Hardisk Mesin Fotocopy

  • Pertama, pastikan Anda sudah memiliki program SST dan Firmware yang ter-install di laptop maupun komputer. 

 

  • Kedua, buka aplikasi Firmware dari menu folder di komputer. Diharapkan, Anda memilih jenis Firmware yang sesuai dengan tipe mesin fotocopy, misal Firmware IR5000 untuk mesin fotocopy Canon IR5000. Jika file di dalam folder Firmware sudah lengkap, maka Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya. 

 

  • Ketiga, buka folder SST dari laptop atau komputer. Pada program ini Anda bisa menggunakan dua kabel, yaitu kabel LAN atau USB. Tergantung tipe mesin yang Anda gunakan. Hubungkan dulu mesin fotocopy dengan kabel sebelum Anda meneruskan cara install hardisk mesin fotocopy dengan menggunakan SST. 

 

  • Keempat, setelah mesin terhubung, buka program SST. Pada menu “Select a model to connect” yang ada di sisi paling kanan Anda, cari dan pilih tipe Firmware mesin fotocopy yang digunakan. Misal Anda pakai Canon IR5000, maka pilih Firmware untuk jenis tersebut. 

 

  • Kelima, pilih menu “HDFormat” yang muncul ketika Anda klik pilihan jenis mesin, sambil menyalakan mesin fotocopy dengan posisi angka nomor 2 dan 8 ditekan. Setelah itu, atur pilihan kabel yang Anda gunakan dan klik “Start” pada aplikasi SST. Kemudian, akan muncul permintaan format hardisk. 

 

  • Keenam, ikuti seluruh langkah untuk format hardisk dengan klik “OK” sampai proses tersebut selesai dan Anda diarahkan kembali ke menu utama. Saat sudah di menu utama, masuk ke IR5000dN atau IR apapun sesuai dengan jenis mesin Anda.

 

  • Ketujuh, ikuti proses instalasi dengan klik menu “Start” dan pilih opsi “OK” untuk menyelesaikan prosesnya. 

 

  • Kedelapan, masuk ke menu downloading dan pilih opsi bahasa sesuai preferensi Anda. Lalu, pilih opsi “OK” sampai seluruh prosesnya selesai, kira-kira selama lima sampai dengan tujuh menit. 

 

Setelah semua proses tersebut selesai Anda lakukan, maka cara install hardisk mesin fotocopy pun sudah selesai. Anda bisa langsung menggunakan mesin untuk menggandakan dokumen kembali. 

Baca juga: Merk Mesin Fotocopy Terbaik dan Terekomendasi

Cara Memperbaiki Hardisk Mesin Fotocopy 

Meskipun Anda sudah melakukan instalasi hardisk, namun terkadang ada hal-hal yang membuatnya eror hingga mesin fotocopy tidak dapat digunakan. Tanda hardisk error adalah munculnya kode seperti E602-001/E602-002/E602-003 dan lainnya. Kalau sudah begini, ikuti langkah berikut untuk memperbaikinya:

  • Hentikan proses fotocopy dan matikan mesin
  • Pada panel mesin fotocopy Anda, tekan angka 1 dan 9 secara bersamaan 
  • Sambil tetap menekan dua angka tersebut, nyalakan kembali mesin fotocopy. Jika layar monitor sudah menampilkan progress bar, artinya berhasil dan lepaskan tombol angka 1 dan 9 
  • Tunggu progress bar dan tulisan download di layar mesin fotocopy selesai. Proses ini akan sedikit lama
  • Setelah proses selesai, matikan dan nyalakan kembali mesin fotocopy Anda 

Nah, begitulah panduan singkat mengenai cara install hardisk mesin fotocopy. Kalau ada kesulitan dan tutorial tersebut tidak berhasil, maka sebaiknya panggil teknisi untuk memperbaiki. Bila Anda menginginkan mesin fotocopy baru yang terbaik, dapatkan penawaran spesial untuk produk Canon dan Fuji Xerox hanya di PusatfotoKopi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat