cara ganti roll regist mesin fotocopy

Bagaimana Cara Ganti Roll Regist Mesin Fotocopy?

Hasil fotocopy dokumen yang belang bisa menjadi sebuah tanda bahwa roll regist pada mesin fotocopy Anda mengalami masalah. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara ganti roll regist mesin fotocopy yang akan kami jelaskan melalui artikel ini.

Baca Juga: Solusi Mengatasi Hasil Fotocopy Belang

Roll regist merupakan salah satu komponen yang cukup penting pada mesin fotocopy dan apabila komponen ini sudah renggang atau tidak rata, maka Anda harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Jika dibiarkan, maka roll regist dapat menyebabkan hasil fotocopy yang belang atau Anda dapat melihat garis hitam yang melintang pada kertas hasil fotocopy.

Baca Juga: Inilah Penyebab Hasil Fotocopy Hitam Semua yang Ingin Anda Hindari

Lalu, bagaimana cara mengganti roll regist mesin fotocopy Anda? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Ganti Roll Regist Mesin Fotocopy dengan Mudah

Berikut ini, Pusat Fotokopi akan memberikan panduan kepada Anda mengenai langkah-langkah dalam mengganti roll regist pada mesin fotocopy. Ini dia cara mengganti roll regist mesin fotocopy, yaitu:

  1. Siapkan roll regist baru yang bisa Anda beli melalui tempat penjualan sparepart mesin fotocopy.
  2. Siapkan obeng kembang untuk membuka baut pada bagian roll regist.
  3. Setelah seluruh baut sudah dicopot, lepaskan clutch regist pada bagian samping roll regist.
  4. Kemudian cek kondisi bearing kiri kanan yang terpasang pada roll regist apakah masih dalam kondisi yang bagus atau tidak.
  5. Selanjutnya, Anda tinggal melepas roll regist yang lama dan memasang roll regist yang baru.
  6. Pasang kembali seluruh komponen mulai dari bearing, clutch regist, dan yang terakhir baut.
  7. Pastikan seluruh baut telah terpasang dengan rapi dan tidak ada kabel yang terjepit.

Baca Juga: Penting! Tips Cara Perawatan Mesin Fotokopi Agar Lebih Awet

Berbagai Penyebab Lain dari Hasil Fotocopy yang Kotor

Selain bagian roll regist, ada beberapa komponen dan hal lain yang menjadi penyebab lain dari hasil fotocopy yang kotor dan tentu harus Anda perhatikan. Apabila setelah mengganti roll regist tidak ada perbaikan dari hasil fotocopy, maka Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini, yaitu:

1. Bersihkan Bagian Corona dan Drum

Beberapa komponen lain pada mesin fotocopy yang berperan langsung dalam proses fotocopy adalah komponen corona dan drum. Kedua komponen ini perlu dibersihkan secara rutin karena biasanya terdapat bekas-bekas noda tinta yang menempel pada komponen tersebut.

Baca Juga: Menghilangkan Hasil Fotocopy Bercak Hitam

2. Pastikan Kertas yang Digunakan Tidak Lembap

Ketika hasil fotocopy Anda memiliki noda kotor atau belang, biasanya kertas yang digunakan juga dapat mempengaruhi hasil fotocopy. Maka itu, pastikan kertas yang Anda gunakan kering atau tidak lembap.

Kertas fotocopy yang lembap biasanya dapat disebabkan oleh tempat penyimpanan kertas yang buruk atau ruang tempat Anda menyimpan kertas tersebut memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Oleh karena itu, pastikan Anda menyimpan kertas yang akan digunakan untuk fotocopy pada tempat yang kering agar hasil fotocopy tidak kotor.

3. Mengganti Magnet Roll yang Aus

Penyebab terakhir dari hasil fotocopy yang kotor selain pada komponen roll regist adalah magnet roll yang aus. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti magnet roll tersebut dengan yang baru agar hasil fotocopy kembali bersih.

Jadi, itulah beberapa informasi yang dapat Pusat Fotokopi sampaikan mengenai cara ganti roll regist mesin fotocopy. Cara di atas sangatlah mudah, bukan?

Jika Anda masih kesulitan dalam mengganti roll regist atau ada masalah lain yang terjadi pada mesin fotocopy, silakan hubungi Pusat Fotokopi sekarang juga. Kami memiliki layanan servis mesin fotocopy dan Anda juga dapat menemukan berbagai mesin fotocopy dari brand terbaik melalui katalog produk dari Pusat Fotokopi.

banner sewa mesin fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat