Cara Fotocopy Buku Nikah untuk Legalisir

Cara Fotocopy Buku Nikah untuk Legalisir

Setelah melangsungkan pernikahan, wajib hukumnya untuk melegalisir buku nikah. Salah satu syarat untuk melakukan legalisir adalah dengan melampirkan fotocopy buku nikah. Fotocopy buku nikah ini nantinya akan ditandatangani oleh pihak yang berwenang serta dibubuhkan stempel dari KUA di mana buku nikah ini dilegalisir. Ada cara fotocopy buku nikah untuk legalisir yang bisa Anda terapkan, yakni dengan menerapkan cara fotocopy atas-bawah.

Bagaimana cara fotocopy buku nikah untuk legalisir? Berikut ini adalah informasi selengkapnya:

Fotocopy atas-bawah

Metode fotocopy yang satu ini biasanya dipakai saat akan memperbanyak dokumen seperti tanda pengenal, SIM, atau KTP. Metode yang sama juga bisa diandalkan sebagai salah satu cara fotocopy buku nikah untuk legalisir. Tujuannya agar tampilan buku nikah dengan keterangan informasi isi buku dan dicetak di satu halaman yang sama.

Fotocopy dengan metode atas-bawah ini bisa diterapkan di semua jenis mesin fotocopy. Meski beberapa mesin fotocopy memiliki tampilan atau pilihan menu yang tidak persis sama, namun pengaturan untuk menerapkan teknik fotocopy ini pasti dapat Anda temukan.

 

Cara Fotocopy atas-bawah Dengan Canon iR 4570

Mesin fotocopy Canon merupakan mesin yang paling banyak digunakan saat ini. Cara fotocopy buku nikah untuk legalisir di mesin fotocopy Canon yang bisa Anda lakukan adalah, yang pertama ini bisa Anda coba dengan menggunakan Canon iR 4570. Mesin fotokopi yang satu ini termasuk umum ditemukan dan digunakan oleh beberapa print shop atau tempat fotocopy. Bisa jadi Anda juga memiliki mesin fotocopy ini di tempat Anda.

Untuk menerapkan metode fotocopy atas-bawah Anda bisa mulai dengan masuk ke menu Special Feature. Setelah itu akan muncul kotak dialog, di sana Anda akan menemukan Image Combination. Berikutnya atur di 2 on 1, lalu klik Next. Setelah selesai, Anda tinggal ambil buku nikah yang akan di-fotocopy, lalu fotocopy sebanyak dua kali berturut-turut masing-masing lembaran yang hendak diperbanyak.

Anda tinggal siapkan buku nikah yang akan di-fotocopy. Berikutnya buka halaman muka buku nikah yang hendak di-fotocopy. Lakukan proses copy dan hasilnya akan muncul dua copy halaman dalam satu halaman hasil fotocopy.

 

Cara Fotocopy Dengan Kyocera m2540/m2045

Cara fotocopy berikutnya akan menggunakan mesin fotocopy mini yang tangguh dari series milik Kyocera. Fitur-fitur yang disajikan juga sangat cocok untuk digunakan bagi para pemula. Dengan tampilan yang user-friendly, Anda bisa dengan cepat beradaptasi menggunakan mesin fotocopy yang satu ini. 

Langkah-langkah cara fotocopy buku nikah untuk legalisir ini dimulai dengan memastikan bagian kaset satu terdapat kertas. Anda bisa menggunakan kertas dengan ukuran F4 di sini. Berikutnya, buka kap mesin fotocopy, lalu posisikan buku nikah yang akan di-fotocopy di sana. Pastikan buku nikah berada pas di ukuran B6.

Selanjutnya, Anda akan masuk ke dalam program mesin fotocopy. Klik Function Menu, lalu pilih Combine 2 in 1. Pastikan juga pengaturan size-nya sudah tepat di B6. Atur juga agar pengaturan Zoom berada di 100%. Setelah selesai dengan pengaturan ini, Anda bisa memilih Start untuk memulai proses fotocopy. Jangan lupa untuk membalik pada lembar kedua, lalu klik Start sekali lagi. Klik End setelah proses fotocopy berakhir.

Baca juga: Cara Ngeprint Bolak Balik dengan Mesin Fotocopy

Cara Fotocopy atas-bawah Tanpa Program

Anda juga bisa menerapkan cara fotocopy buku nikah untuk legalisir tanpa mengatur pengaturan khusus di mesin fotocopy Anda. Namun, di sini Anda akan membutuhkan ketelitian yang ekstra untuk dapat menghasilkan fotocopy atas-bawah yang rapi.

Cara tanpa program ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan plat kaca mesin fotocopy. Letakkan buku nikah dalam keadaan terbuka pada di plat kaca. Pada bagian bawah isi, beri batas dengan kertas kosong. Setelah selesai, masukkan kembali kertas hasil fotocopy, pindahkan posisi buku nikah di batas kertas tadi, lalu fotocopy sekali lagi.

Dengan cara sederhana ini, Anda berhasil membuat efek yang sama dengan cara fotocopy atas-bawah yang menggunakan pengaturan program. Kalaupun Anda ingin menggunakan metode fotocopy atas-bawah ini tapi tetap dengan bantuan pengaturan program mesin atau Anda tidak memakai salah satu dari dua mesin fotocopy yang diulas di atas, maka coba periksa mesin Anda.

Carilah menu atau pilihan pengaturan yang serupa dengan menu yang ada pada pengaturan kedua mesin di atas. Lalu, tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan fotocopy Anda. Untuk melihat beragam tips mesin fotocopy lainnya, segera kunjungi blog Pusat Fotokopi

Pusat Fotokopi adalah dealer mesin fotocopy terlengkap dan terbaik yang ada di Jakarta dan Bangka

banner memulai usaha fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat