cara cloning hardisk

Ini Dia Cara Cloning Hardisk Mesin Fotocopy Tanpa Ribet

Anda sedang bingung dan ingin mencari cara cloning hardisk mesin fotocopy? Anda tidak perlu khawatir karena Pusat Fotokopi akan memberikan jawabannya melalui artikel ini.

Mesin fotocopy masa kini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai dokumen yang telah dipindai atau dokumen yang dikirimkan melalui mesin fax yang terhubung ke dalam mesin fotocopy. Tentunya, dokumen-dokumen yang disimpan ke dalam hardisk mesin fotocopy tersebut sangatlah penting dan perlu dijaga.

Baca Juga: 5 Fungsi Mesin Fotocopy yang Jarang Orang Tahu

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hilang data apabila hardisk mesin fotocopy rusak sewaktu-waktu, Anda perlu melakukan cloning atau duplikasi. Nantinya, jika sewaktu-waktu hardisk fotocopy rusak, Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada backup yang dibuat sebelumnya.

6 Cara Cloning Hard Disk Mesin Fotocopy dengan Mudah

Untuk melakukan cloning hardisk, Anda perlu melalui 6 tahapan, yaitu sebagai berikut:

1. Mencopot Hard Disk dari Mesin Fotocopy

Tahapan pertama untuk melakukan cloning hardisk adalah dengan melepaskan atau mencopot tempat penyimpanan asli dari mesin fotocopy. Pastikan Anda mencopot hardisk dengan hati-hati agar tidak ada kerusakan pada kabel-kabel atau komponen lain pada mesin fotocopy.

2. Menyediakan Hard Disk Kosong

Selanjutnya, Anda perlu menyediakan hardisk kosong yang akan berfungsi sebagai hardisk backup dari mesin fotocopy. Anda cukup menyediakan hardisk dengan kapasitas penyimpanan minimal 20GB.

Baca Juga: Cara Format Hardisk Mesin Fotocopy dengan Mudah dan Cepat

3. Hubungkan Hardisk Kosong dengan Komputer

Setelah Anda memiliki hardisk kosong, maka hubungkanlah hardisk tersebut dengan komputer menggunakan kabel yang biasa digunakan untuk CD-ROM. Nantinya, komputer Anda akan dapat membaca hardisk kosong tersebut dengan 1 partisi.

Baca Juga: Cara Install Hardisk Mesin Fotocopy

4. Hubungkan Hardisk Asli Mesin Fotocopy dengan Komputer

Jika Anda sudah menghubungkan hard disk kosong dengan komputer, maka selanjutnya hubungkanlah hardisk bawaan dari mesin fotocopy dengan komputer. Anda dapat menggunakan kabel converter IDE dengan ujung kepala USB agar dapat terhubung dengan komputer.

Biasanya, hardisk mesin fotocopy memiliki 4 partisi dan Anda tidak dapat langsung melihat isi hardisk tersebut. Hal ini dikarenakan, hardisk mesin fotocopy dilindungi oleh enkripsi dan Anda hanya dapat membukanya dengan menggunakan program khusus.

5. Lakukan Cloning Isi Hard Disk

Langkah kelima, Anda dapat menggunakan software yang bernama Master Clone. Anda hanya perlu masuk ke dalam software tersebut dan memilih isi data dari tempat penyimpanan mesin fotocopy yang akan dikloning dan memilih tujuan hasil cloning tersebut yaitu ke hardisk baru yang telah disiapkan sebelumnya.

Setelah proses cloning dinyatakan selesai, maka Anda hanya perlu mencabut hardisk dari komputer. Proses cloning telah selesai sampai di sini.

6. Lakukan Uji Coba Hardisk Copy pada Mesin Fotocopy

Tahapan terakhir yang harus Anda lakukan adalah menguji coba hardisk cloning pada mesin fotocopy. Uji coba ini sangat penting untuk memastikan apakah hardisk Anda telah berhasil dikloning atau belum.

Apabila data pada hardisk backup dapat digunakan pada mesin fotocopy, maka bisa dipastikan bahwa proses cloning hardisk mesin fotocopy telah berhasil dilakukan. Namun, jika hasil cloning tidak dapat terbaca pada mesin fotocopy, maka bisa jadi Anda melakukan kesalahan dalam proses cloning hardisk sehingga cobalah kembali seluruh rangkaian proses cloning hardisk fotocopy di atas.

Baca Juga: Penyebab Hardisk Fotocopy Rusak

Jadi, mudah sekali bukan 6 cara cloning hardisk mesin fotocopy di atas? Anda hanya perlu menyiapkan tempat penyimpanan kosong, kabel CD-ROM, dan kabel IDE dengan ujung USB untuk melakukan cloning hardisk mesin fotocopy.

Jika Anda memiliki kendala dalam melakukan proses cloning di atas atau memiliki masalah tertentu pada mesin fotocopy, silakan hubungi Pusat Fotokopi sekarang juga. Pusat Fotokopi memiliki layanan servis mesin fotocopy dan kami juga menjual berbagai sparepart serta mesin fotocopy dari brand ternama yang mungkin Anda butuhkan.

banner sewa mesin fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat