bagian bagian mesin fotocopy canon ir 5000

Bagian-bagian Mesin Fotocopy Canon iR 5000 Lengkap dengan Fungsinya

Untuk dapat menggunakan mesin fotocopy dengan baik, Anda perlu mengetahui bagian-bagian mesinnya. Dengan mengetahui bagian-bagian mesin tersebut, berbagai hal yang berkaitan dengan penggunaan mesin fotocopy bisa dilakukan dengan lebih mudah dan optimal. Untuk Anda yang memiliki mesin fotocopy Canon iR 5000, ada beberapa bagian mesin fotocopy yang perlu Anda ketahui. Penasaran? Yuk, ketahui informasi lengkapnya di bawah ini!

Bagian kertas

Dalam mesin fotocopy, bagian kertas adalah bagian yang sangat penting. Bagian-bagian mesin fotocopy Canon iR 5000 untuk kertas adalah:

  • Paper cassette. Paper cassette atau kaset kertas adalah wadah untuk menampung tumpukan kertas yang dicetak.
  • Paper feed. Paper feed adalah potongan karet yang mengambil selembar kertas dari kaset kertas dan mengirimkannya ke sistem printer, dimulai dengan rol registrasi.
  • Paper transport. Sistem pengangkutan yang menyatukan proses penyalinan yang terdiri dari serangkaian rol karet untuk memfasilitasi bagian kertas fotokopi.
  • Paper tray. Juga dikenal sebagai ‘baki kertas’ – seringkali merupakan ekstensi opsional ke lokasi keluar untuk kertas fotokopi, memungkinkan kertas untuk ditumpuk lebih efisien dengan risiko lebih kecil kertas jatuh dari rak keluar printer.

Lampu eksposur

Lampu eksposur ada di sebagian besar sistem lama dan baru yang menyalin dokumen asli, dan tujuannya adalah untuk memasok cahaya ke gambar asli sehingga cahaya memantulkan serangkaian lensa dan cermin optik dan memproyeksikan gambar ke Drum.

Drum fotokonduktif

Drum adalah silinder aluminium yang dilapisi dengan film fotokonduktif (sensitif cahaya). Bahan fotokonduktif bereaksi terhadap cahaya sehingga gambar terbentuk pada drum sebagai rangkaian area aktif dan tidak aktif dari listrik statis pada bahan fotokonduktif. Intensitas cahaya – mungkin dengan memantulkan jumlah warna atau abu-abu, hitam atau putih – dari dokumen asli memberikan intensitas muatan listrik pada bahan fotokonduktif, yang dibuat oleh korona muatan.

Charge corona

Yang pertama dari dua komponen Corona adalah Charge Corona, yang merupakan kawat tipis dalam slide logam, biasanya bagian dari unit drum, dengan tujuan menghasilkan muatan listrik pada Drum di mana cahaya bereaksi dengan film fotokonduktif. Charge ini adalah untuk menarik toner ke drum, karena unit toner terdiri dari bahan kimia yang bermuatan positif.

Unit toner

Toner adalah bubuk yang mengandung plastik berwarna pewarna yang ditumbuk halus, dan akan menjadi tinta saat dipanaskan. Unit ini juga terdiri dari sesuatu yang disebut ‘Pengembang’ yang merupakan bahan kimia logam yang diarde dengan baik yang dapat diisi daya secara listrik. Ketika gulungan Drum bermuatan listrik melewati unit toner, pengembang tertarik ke drum, dan membawa toner bersama ke dalam drum. Di mana ada toner warna, koleksi unit toner dengan pewarna warna yang berbeda duduk sejajar dalam jarak yang dekat dengan drum.

Transfer corona

Sama seperti Charge Corona, Transfer Corona adalah kawat tipis yang ditempatkan di slide logam yang secara elektrik menarik toner dari drum ke kertas fotokopi. Pada saat yang sama, komponen ini memisahkan kertas bermuatan listrik dari drum sehingga kertas dapat melanjutkan ke tahap proses selanjutnya.

Unit pembersihan

Karena drum tidak hanya diisi tetapi menarik toner dengan bahan pengembang untuk membentuk gambar salinan pada drum, unit pembersih dirancang untuk menghilangkan residu zat yang terbentuk pada drum setelah Transfer Corona mentransfer toner yang diperlukan yang mewakili gambar ke kertas. Unit pembersih terdiri dari roller magnetik dan pisau pembersih. Pisau pembersih hanyalah strip karet silikon yang terpasang pada braket logam, dan membuat kontak fisik dengan Drum untuk menghilangkan residu.

Itulah informasi mengenai bagian-bagian mesin fotocopy iR 5000 yang perlu Anda ketahui. setelah mengetahui bagian-bagiannya, semoga Anda bisa menggunakannya dengan lebih baik, ya. Semoga bermanfaat!

 

WhatsApp chat