Cara Kerja mesin fotocopy

Jarang Diperhatikan, Ini Bagian dan Cara Kerja Mesin Fotocopy

Mengetahui bagian dan cara kerja mesin fotocopy menjadi keharusan sendiri yang bisa menambah pengetahuan anda tentang mesin fotocopy. Hal ini jadi perlu ketika anda bekerja maupun memiliki usaha yang berhubungan dengan mesin ini. Dengan mengetahuinya akan membuat pekerjaan anda jadi mudah saat terjadi kerusakan pada mesin fotocopy.

Topik cara kerja mesin fotocopy sangat jarang diperhatikan. Padahal, ada banyak keuntungan kalau Anda mengetahui cara kerjanya dan bisa mengoperasikan mesin fotocopy sendiri.

Bagian Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy yang sering kita pakai untuk menyalin dokumen dan memperbanyaknya lembaran demi lembaran memiliki beberapa bagian penting. Untuk mengetahui cara kerja mesin fotocopy, Anda harus mengetahui bagian-bagian tersebut berikut dengan fungsinya. Beberapa bagian mesin fotocopy yang mendukung performa mesin tersebut yakni:

  • Kertas Master

Kertas master adalah kertas yang hendak Anda salin. Diletakkan di permukaan kaca dengan arah menghadap ke bawah sehingga tulisan maupun gambarnya bisa terkena cahaya reflektor.

  • Drum Pemutar

Drum pemutar akan berputar secara otomatis untuk mencetak hasil scan permukaan kertas master ke pemrukaan kertas hasil fotocopy.

  • Serbuk Toner atau Tinta

Serbuk toner atau tinta akan memberi warna pada permukaan kertas hasil fotocopy. Warna dan pola yang ditampilkan oleh serbuk toner atau tinta ini sesuai dengan hasil scan pada permukaan kertas master yang disalin.

  • Cahaya reflektor

Cahaya reflektor merupakan cahaya yang berfungsi untuk melakukan scanning pada permukaan kertas yang hendak disalin demi mendapatkan gambaran dari kertas master. Anda bisa lihat cahaya reflektor dari samping mesin ketika proses fotocopy sedang berlangsung.

  • Kertas hasil fotocopy

Kertas hasil fotocopy merupakan tempat hasil akhir penyalinan dan pencetakan mesin fotocopy. Isi dan kertas hasil fotocopy ini sesuai dengan isi dari kertas master.

Cara Kerja mesin Fotocopy Pada Umumnya

Setelah mengetahui bagian-bagian dari mesin fotocopy, kini saatnya mengetahui cara kerja mesin fotocopy. Berikut ini merupakan alur cara kerja dari mesin fotocopy dalam ulasan yang lebih sederhana.

  1. Pertama, letakkan kertas master di permukaan kaca mesin dengan bagian yang hendak disalin mengarah ke bawah.
  2. Kemudian cahaya reflektor akan menyinari permukaan kertas master. Proses ini sering juga disebut sebagai proses scanning atau penangkapan gambaran kertas master.
  3. Toner secara otomatis akan bereaksi dengan menumpahkan tinta ke bagian drum. Tinta yang ditumpahkan ini disesuaikan dengan hasil scan dari cahaya reflektor sebelumnya.
  4. Drum yang telah dituangi tinta kemudian akan berputar secara otomatis dan mencetak hasil scan ke permukaan kertas hasil fotocopy yang telah disiapkan sebelumnya. Hasil cetakan ini sesuai dengan pola gambar dan tulisan dari hasil scan sebelumnya.
  5. Proses selanjutnya adalah pemisahan kertas hasil fotocopy dari drum. Hal ini berfungsi agar kertas tak ikut terbawa putaran drum dan bisa berpindah ke proses selanjutnya.
  6. Kertas hasil fotocopyan akan dipress agar toner benar-benar menempel di kertas dan tidak lentur. Kemudian kertas hasil fotocopyan tersebut akan dikeluarkan ke paper tray. Bila Anda pegang, kertas hasil fotocopyan tersebut akan terasa panas. Hal ini disebabkan karena proses press yang terjadi sebelumnya.

Itulah beberapa bagian dan cara kerja mesin fotocopy yang dijelaskan secara sederhana. Semoga membantu pemahaman Anda mengenai kinerja mesin fotocopy mulai dari awal hingga mengeluarkan hasil fotocopy.

Lihat salah satu tipe mesin fotokopi terbaik berikut ini.

WhatsApp chat