bagian bagian mesin fotocopy

Bagian Bagian Mesin Fotocopy Beserta Kegunaannya

Mendengar kata mesin fotocopy bukan lagi sebuah hal yang aneh. Mudah sekali untuk bisa menemukan mesin yang satu ini di beberapa tempat untuk mengkopi sebuah dokumen dan lainnya. Namun lebih dari itu, apakah Anda mengetahui mengenai bagian bagian mesin fotocopy ini. Yang siapa tahu ternyata dari Anda ingin membangun sebuah usaha fotocopy tentu artikel ini akan sangat membantu kedepannya.

Namanya saja sebuah mesin, jika tidak dirawat maka lama kelamaan tentu akan mengalami masalah hingga kerusakan. Mesin yang dirawat saja masih akan mengalami masalah apalagi yang tidak? Jika mesin fotocopy Anda bermasalah, berikut penjelasan mengenai mesin fotocopy untuk lebih memahami permasalahannya.

1. Automatic Document Feeder

Automatic Document Feeder ini atau biasa dikenal dengan ADF ini berada di atas mesin fotocopy yang menyatu pada bagian penutup mesinnya. Guna dari Automatic Document Feeder ini sebagai mesin untuk menduplikat dokumen dengan cara yang lebih praktis tanpa perlu Anda membuka mesin fotocopynya untuk bisa memperbanyak dokumen menjadi berlembar – lembar sesuai dengan permintaan.

2. Korona Bawah

Fungsi dari bagian mesin fotocopy yang satu ini adalah sebagai pengatur jalannya kertas saat melewati drum yang terletak di area pemanas atau heater. Korona bawah pun sangat mempengaruhi kualitas dari mesin fotocopy sehingga jika terlalu sering dipakai, maka lebih seringlah untuk membersihkan bagian korona bawahnya.

3. Korona Atas

Korona atas sendiri berlokasi pada wilayah drum yang bertugas sebagai penyeimbang drum saat duplikasi atau pencetakan hasil dokumen tersebut dilakukan. Hampir sama seperti korona bawah, jika Anda sering menggunakan mesin fotocopy maka korona atas termasuk pada bagian bagian yang perlu pembersihan lebih sering.

4. Drum

Dari beberapa bagian sebelumnya selalu terdapat kata drum. Sebenarnya apa itu drum? Dan seperti apa fungsinya? Drum adalah alat mesin fotocopy yang paling penting dan harganya pun mahal dibandingkan yang lainnya. Untuk bisa mengetahui kualitas drum masih bagus apa tidak, bisa mengetahuinya dari hasil cetak pada kertas apakah tintanya jelas berwarna hitam atau pudar. Jika drum masih berkualitas bagus maka hasil cetakannya akan berwarna hitam dengan jelas, namun bila tidak akan terdapat noda hitam yang berupa bintik – bintik.

5. Lampu Scanner

Lampu scanner ini berfungsi sebagai proyeksi gambar atau dokumen yang akan diperbanyak. Proyeksi tersebutlah yang akan diterima oleh drum dan kemudian dicetak ulang pada kertas yang baru. Letak lampu scanner ini pada permukaan atas yang merupakan sinar ultraviolet yang bisa mentransfer hasil proyeksi dokumen menjadi hasil baru yang berupa duplikasi.

WhatsApp chat