Arti Toner dan Fungsinya dalam Dunia Fotocopy

Arti Toner dan Fungsinya dalam Dunia Fotocopy

Mesin fotocopy memiliki bagian-bagian penting untuk menghasilkan hasil cetakan terbaik. Baik buruknya hasil cetakan juga dipengaruhi oleh toner yang digunakan. Lantas, apa arti toner dan fungsinya dalam mesin fotocopy? Bagaimana pula cara menggantinya dan tips pada saat memilih toner mesin fotocopy yang tepat? Simak ulasannya berikut.

 

Mengenal Toner Fotocopy dan Fungsinya

Secara garis besar arti toner adalah tinta bubuk yang digunakan pada mesin fotocopy maupun pencetak laser. Fungsinya tidak lain untuk membentuk sebuah cetakan teks maupun gambar di kertas. Teks atau gambar yang dihasilkan hanyalah satu warna, yakni warna hitam saja.

 

Pada awalnya, serbuk atau bubuk bahan toner adalah jenis karbon biasa. Seiring perkembangan zaman, bahan toner kemudian mengalami peningkatan untuk menghasilkan mutu cetakan yang baik, yakni menggunakan bahan campuran polimer dengan karbon. Adapun partikel-partikel yang ada pada toner ini kemudian meleleh karena panas. Setelah diproses, hasil lelehan inilah yang dapat mencetak tulisan maupun gambar pada kertas di mesin fotocopy.

 

Jenis Toner Fotocopy

Sebagian orang mungkin beranggapan jika toner fotocopy sama. Namun, dalam penggunaan dan arti toner ini ternyata ada dua jenis, yakni jenis toner positif dan jenis toner negatif. Penjelasan secara ringkasnya adalah:

  • Toner Positif

Bisa dibilang toner ini merupakan toner khusus dan terbatas sebab hanya bisa digunakan untuk mesin-mesin fotocopy jenis tertentu. Misalnya saja untuk mesin fotocopy Canon NP 6025/6030/6028/6035. Sementara, untuk mesin fotocopy digital adalah Canon IR 550, , IR7200, IR600, IR 105, dan IR8500.

  • Toner Negatif

Jenis toner negatif banyak dijumpai di pasaran karena produksinya digunakan untuk berbagai jenis fotocopy. Pilihannya pun banyak, dalam berbagai merek dan kualitas. Secara umum, toner negatif digunakan pada mesin fotocopy Canon seri tertentu seperti Canon NP 6045/6050/6150/6545/6551/6650/6085. Pada mesin fotocopy digital bisa digunakan pada Canon IR6000 dan Canon IR5000.

banner toner mesin fotocopy

Bagaimana Cara Mengganti Toner Mesin Fotocopy

Mengganti toner fotocopy tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda perlu memperhatikan beberapa cara yang baik dan benar. Terlebih lagi bila Anda masih terbilang baru mengoperasikan mesin fotocopy tersebut. Dalam ulasan arti toner, dijelaskan bahwa toner terdiri dari bahan karbon, maka Anda perlu berhati-hati saat menggantinya. Agar aman, ada baiknya simak langkah berikut:

  1. Bukalah bagian cover yang ada di pintu depan mesin fotocopy. Caranya adalah dengan menarik kedua sisi pada bagian ujung cover.
  2. Membuka box toner dengan cara menggesernya di sebelah sudut kanan atas pada mesin hingga penuh. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda mengisi toner. Lalu, tekan handle pada ujung box toner menggunakan dua jari. Tariklah toner yang akan diisi tadi.
  3. Isilah toner ke dalam box toner. Sebaiknya, janganlah diisi secara penuh cukup 80% saja untuk memberikan ruang per di dalamnya berputar. Kemudian, putarlah per tersebut secara perlahan.
  4. Terakhir, masukkanlah toner tersebut ke tempat semula. Dorong perlahan dan tekan tuas pada box toner. Tutuplah kembali dengan rapat pintu cover fotocopy tadi. Toner pun siap digunakan.

 

Tips memilih Toner Mesin Fotocopy yang Tepat

Setelah Anda mengetahui arti toner dan fungsinya, maka penting kiranya untuk mengetahui bagaimana cara memilih toner fotocopy yang tepat. Hal ini penting sebab jika Anda membeli toner secara asal-asalan dan tidak sesuai dengan spesifikasi mesin fotocopy yang digunakan, bukan tidak mungkin mesin tersebut akan menjadi rusak. 

Apa sajakah pertimbangan itu? Berikut beberapa tips memilih toner mesin fotocopy yang tepat:

  1. Anda harus menggunakan toner yang sesuai dengan mesin fotocopy. 
  2. Belilah di tempat yang bisa dipercaya, baik itu secara online maupun offline. 
  3. Perhatikan mereknya, bila ada toner dengan merek yang tidak dikenal atau dirasa meragukan sebaiknya jangan dipilih karena kualitasnya belum terjamin. 
  4. Pilih toner yang bisa digunakan untuk lembar fotocopy yang banyak. Biasanya, untuk ukuran toner 1 kilogram dapat digunakan untuk 20 ribu lembar copy.

 

Setidaknya itulah penjelasan mengenai arti toner dan fungsinya pada mesin fotocopy yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin mendapatkan toner dan mesin fotocopy terbaik, dapat klik di sini untuk informasi lebih lanjut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

WhatsApp chat