apa itu kertas buffalo

Apa Itu Kertas Buffalo: Pengertian, Fungsi, dan Tips Membeli

Apa itu kertas buffalo? Jawaban mudahnya, kertas buffalo adalah kertas manila. Namun ada beberapa perbedaannya. Dalam dunia percetakan, ada berbagai macam jenis kertas yang digunakan dan kertas ini adalah salah satu jenis kertas yang paling populer atau paling sering digunakan.

Kertas ini biasanya banyak dicari di pasaran karena sering digunakan untuk sebagai bahan baku untuk tugas-tugas oleh mahasiswa. Warna jenis kertas ini yang beraneka ragam dan berwarna-warni juga sangat menarik untuk dijadikan sebagai media untuk menulis catatan-catatan penting.

Nah, pada artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu kertas buffalo serta cara membedakan kertas ini dengan kertas lainnya dan tips untuk membelinya.

Apa Pengertian Kertas Buffalo?

kumpulan kertas buffalo dalam berbagai warna
Sumber: Piqsels.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kertas ini sama seperti kertas manila, namun kertas buffalo sering tertukar dengan kertas jenis BC dan BW.

Perbedaan mendasar dari kertas ini dan kertas manila terletak pada tekstur kertasnya. Tekstur dari kertas buffalo biasanya lebih kasar, sedangkan tekstur dari kertas manila biasanya lebih halus.

Secara gramatur kertas, kedua jenis kertas ini hampir sama. Gramatur jenis kertas ini merupakan yang paling ringan adalah 150 gsm dan yang paling tebal 250 gsm. Sedangkan kertas manila memiliki tiga gramatur yang paling sering digunakan, yakni: 160 gsm, 220 gsm, dan 250 gsm.

Baca Juga: Kenali Berbagai Jenis Kertas Fotocopy yang Biasa Digunakan

Serat kasar pada kertas ini ini terlihat seperti serat kayu dan dapat terlihat dengan mata telanjang. Selain memberikan kesan estetis dengan teksturnya yang berserat, kertas ini juga tergolong ke dalam kertas yang ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan jenis kertas ini merupakan kertas yang dibuat dari proses daur ulang.

Apa Fungsi dari Kertas Buffalo?

tumpukan kertas berbagai ketebalan
Sumber: Piqsels.com

Jenis kertas ini adalah kertas yang biasa digunakan di dalam dunia percetakan. Fungsi dari kertas ini beragam, dari mulai untuk mencetak dokumen sampai untuk membuat kerajinan tangan.

Kertas ini juga kerap kali digunakan untuk membuat produk percetakan seperti paper cover, map perusahaan, atau paper bag kecil yang dapat Anda gunakan untuk membawa barang yang berukuran kecil atau makanan ringan.

Apa Saja Tips Membeli Kertas Buffalo?

tumpukan kertas buffalo berwarna dalam rak
Sumber: Piqsels.com

Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kertas buffalo:

1. Perhatikan Ukuran Kertas

penggaris untuk mengukur ukuran kertas
Sumber: Piqsels.com

Ukuran yang tersedia di pasaran untuk kertas ini antara lain:

  • A3 (29,7cm x 42,0 cm)
  • F4 (21,6cm x 33 cm)
  • A4 (21 cm x 29,7 cm)

Maka dari itu, Anda harus memperhatikan ukuran dari kertas ini dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda membeli kertas tersebut.

Baca Juga: Panduan Ukuran Kertas Fotokopi yang Bisa Memudahkanmu

2. Perhatikan Warna Kertas

pilihan warna kertas buffalo
Sumber: Piqsels.com

Kertas kerbau memiliki beberapa pilihan warna gradasi dan warna dengan konsentrasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, bisa jadi warna hijau di toko A akan berbeda dengan pilihan warna hijau di toko B.

Oleh karena itu, jika ingin membuat sesuatu dengan kertas warna kerbau tertentu, pastikan sudah memperhitungkan kebutuhan kertas agar tidak kehabisan bahan dan kesulitan mendapatkan kertas ini dengan warna yang sama.

3. Perhatikan Ketebalan Kertas

tumpukan kertas berbagai ketebalan
Sumber: Piqsels.com

Karena kertas ini adalah kertas yang berserat, maka kemungkinan akan ada perbedaan ketebalan antara kertas buffalo yang Anda beli di satu toko dengan di toko lainnya.

Oleh karena itu, saat Anda akan membeli kertas ini, pastikan bahwa Anda memilih kertas dengan ketebalan yang sama jika Anda ingin membuat sesuatu.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih, Pilih Kualitas Kertas Fotocopy dengan 3 Cara Ini

Itu tadi adalah pengertian dari kertas buffalo, fungsinya, serta tips untuk membelinya. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai topik yang ada di dunia percetakan seperti ini, Anda bisa kunjungi Pusat Fotocopy sekarang juga.

Selain itu, Pusat Fotocopy juga menjual mesin fotocopy dari berbagai jenis dan merek dengan harga yang menguntungkan. Semoga artikel tentang apa itu kertas buffalo ini dapat membantu Anda.

Sumber:
https://solusiprinting.com/mengenal-kertas-buffalo-dan-tips-membelinya/

banner sewa mesin fotocopy

WhatsApp chat