cara membersihkan drum fotocopy

Cara Membersihkan Drum Mesin Fotocopy Dengan Mudah

Drum fotocopy merupakan bagian yang cukup penting dalam mesin fotocopy. Selain itu dari segi harga memang cukup mahal bila dibandingkan dengan komponen fotocopy lainnya. Oleh karena itulah Anda perlu untuk merawat dan membersihkannya secara berkala. Berikut beberapa cara membersihkan drum mesin fotocopy yang bisa Anda simak.

Baca Juga: Ciri-ciri Drum Fotocopy Rusak

Penyebab kerusakan drum mesin fotocopy

Drum mesin fotocopy dapat rusak karena berbagai faktor. Mulai dari faktor kesalahan yang disebabkan oleh operator atau kerusakan dari mesin fotocopy itu sendiri. Berikut beberapa hal yang membuat drum fotocopy menjadi rusak yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Faktor pertama adalah karena sering membuka staples pada bagian atas mesin fotocopy. Staples inilah yang bisa masuk dalam mesin dan dapat membuat drum menjadi rusak karena terganggu oleh staples yang masuk tersebut.
  • Kedua disebabkan oleh penggunaan toner yang tidak teruji secara kualitas. Toner yang buruk dapat mengeras pada bagian dalam pembuangan drum dan menghambat proses fotocopy dan lambat laun drum tersebut menjadi rusak.
  • Penyebab ketiga adalah Anda sering menggunakan sparepart pendukung seperti cleaning blade yang berkualitas buruk, sehingga dapat berpengaruh pada kinerja drum fotocopy.
  • Selain itu, faktor keempat penyebab rusaknya drum fotocopy adalah karena intensitas fotocopy perhari yang tinggi. Inilah yang memaksa mesin untuk bekerja melebihi batas.
  • Terakhir atau kelima adalah dipengaruhi oleh kualitas drum fotocopy itu sendiri yang pada dasarnya memang buruk dan tidak baik.

Dengan mengetahui penyebab tersebut, setidaknya kita dapat mengantisipasi dan melakukan cara membersihkan drum fotocopy dengan cermat. Bagaimana cara merawatnya akan diulas dalam poin berikutnya di bawah ini.

Tips merawat drum fotocopy

Sebenarnya cara membersihkan drum mesin fotocopy dan merawatnya gampang-gampang susah. Setidaknya ada tujuh hal yang perlu Anda perhatikan agar proses pembersihan dan perawatan. Apa sajakah dan bagaimana caranya bisa Anda simak berikut ini.

  • Pertama, lakukan pembersihan dan penggantian wire corona. Khususnya di bagian atas maupun bagian bawahnya. Begitu juga dengan senar wire-nya paling tidak satu bulan sekali. Anda bisa membersihkannya dengan cairan alkohol maupun thiner dan lakukan penggantian bila kerusakannya cukup parah.
  • Kedua, saat membersihkan drum fotocopy, Anda bisa menggunakan brasso dan cairan sejenisnya hingga kering secara merata. Kemudian, setelah kering pasang kembali drum tersebut dengan benar.
  • Ketiga, ketika melepas bagian developing sebaiknya jangan diletakkan di lantai langsung dan steril dari benda besi kecil seperti staples. Ini dikarenakan developing di bagian roll magnetin bisa menarik besi kecil tersebut dan jika terbawa dapat menggores permukaan drum fotocopy.
  • Cara membersihkan drum fotocopy keempat adalah menggunakan cleaning blade atau karet pembersih berkualitas tinggi. Hal ini karena karet bisa bersentuhan langsung dengan permukaan drum. Segeralah ganti karet tersebut bila ada kebocoran, sebab kenayakan kerusakan drum fotocopy berasal dari karet ini.
  • Kelima, Anda bisa gunakan tinta maupun toner yang sesuai dengan mesin fotocopy. Sebaiknya jangan terlalu sering mengganti toner secaa sembarangan. Sebab, mesin fotocopy dirancang khusus dan berbeda.
  • Keenam hindarilah fotocopy kertas yang terlalu tebal dari bypass. Apabila kertas terlalu tebal dapat menyentuh permukaan drum mesin fotocopy. Selain itu perhatikan juga jangan sampai ada staples yang masuk.
  • Terakhir atau ketujuh adalah bila menggunakan kertas bekas untuk difotocopy, maka pastikan staples tidak melekat di bendel kertas serta isolasi yang tertinggal.

Itulah beberapa cara membersihkan drum fotocopy yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam dunia fotocopy.

 

WhatsApp chat