manfaat mesin fotocopy

4 Manfaat Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy merupakan alat penyalin dokumen hasil ciptaan Chester Flood Carlson yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1942. Mesin ini menggunakan prinsip kerja fisika bernama Xenografi yang memungkinkan Anda mencetak serbuk tinta (toner) pada kertas kosong menggunakan panas dan cahaya.

Seiring waktu, perkembangan mesin fotokopi semakin canggih. Mesin ini pun kini diproduksi oleh beragam produsen terkemuka, seperti Canon, Fuji Xerox, Sharp, Minolta, dan Toshiba. Adapun variasi produk yang ditawarkan sangat beragam, Anda bisa memilih mesin yang hanya bisa melakukan fungsi sederhana, seperti menyalin dokumen, atau mesin dengan fungsi yang lebih canggih, seperti melakukan penyalinan berwarna atau mencetak dokumen digital.

Terlepas dari merek dan tipe mesin yang Anda pilih, ada banyak manfaat mesin fotocopy yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Inilah manfaat-manfaat tersebut:

  • Meningkatkan Efisiensi Pekerjaan

Bayangkan jika Anda bekerja di lantai 10 sebuah gedung, tetapi harus menyalin dokumen untuk rapat dadakan. Tanpa mesin fotokopi yang siap dipakai di dekat Anda, hal ini tentu akan sangat merepotkan.

Pengaruh mesin fotokopi terhadap efisiensi waktu dan tenaga di perusahaan tidak bisa diremehkan. Faktanya, dunia bisnis modern tidak bisa lepas dari penyalinan dokumen-dokumen penting. Sekalipun kita berada di era digital, tampaknya penggunaan kertas masih dibutuhkan dalam jangka panjang.

Coba hitung berapa waktu dan tenaga yang Anda hemat dengan membeli mesin fotokopi untuk keperluan kantor!

  • Menjamin Kerahasiaan Dokumen

Bagi Anda yang bekerja di bidang yang kompetitif dan sensitif, menggunakan mesin fotokopi milik sendiri dapat menjamin kerahasiaan dokumen yang hendak disalin. Hal ini juga berlaku jika perusahaan Anda merupakan agensi yang menjual jasa ke klien. 

Data-data klien yang sensitif tentu tidak boleh disebarluaskan sembarangan. Jika data tersebut bocor, reputasi perusahaan bisa rusak sehingga sulit mendapat kepercayaan klien lagi. 

  • Menekan Biaya Operasional

Disadari atau tidak, memiliki mesin fotokopi sendiri dapat menghemat biaya operasional yang Anda keluarkan dibandingkan dengan menyalin dokumen melalui pihak kedua atau tempat penyewaan mesin fotokopi. Dengan modal pembelian mesin dan kertas, mesin tersebut bisa digunakan selama bertahun-tahun tanpa kendala. Sebagian besar mesin fotokopi modern bahkan sudah dilengkapi dengan garansi resmi selama 3 tahun atau lebih.

Apabila Anda hendak menggunakan mesin dalam jangka panjang, sebaiknya belilah mesin fotokopi yang sudah dilengkapi dengan fitur cetak atau penyalinan berwarna. Dengan demikian, Anda tidak perlu membeli perangkat lain seperti printer di kantor.

Baca juga: Sudah Tahu Belum tentang 3 Fakta Unik Usaha Mesin Fotocopy?

  • Menjadi Ladang Bisnis Menjanjikan

Jika Anda sedang bingung menentukan ide bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar, tetapi bisa menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang, membuka jasa fotokopi bisa menjadi solusinya.

Saat ini, jasa fotokopi masih dibutuhkan di mana-mana, terutama di sekitar institusi pendidikan, serta area perkantoran. Hanya dengan bermodalkan satu atau beberapa mesin fotokopi, Anda dapat menjalankan bisnis yang cenderung sustainable dan tidak membutuhkan maintenance mahal.

Demikianlah 4 manfaat mesin fotocopy yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Meskipun kini ada banyak sekali produsen mesin fotokopi, kami menyarankan Anda untuk membeli mesin dari merek mainstream yang sudah teruji kualitasnya, seperti Canon dan Fuji Xerox.

Terakhir, jika Anda mengalami kesulitan dari sisi finansial atau memiliki bujet pas-pasan, pilihlah mesin fotokopi standar dengan harga ekonomis, misalnya Canon MF3010. Anda pun bisa mencoba untuk menggunakan jasa penyewaan mesin fotokopi yang saat ini sudah menjamur di mana-mana. Semoga bermanfaat!

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis fotokopi, kini kami selain jual mesin fotocopy juga menyediakan paket usaha fotocopy untuk Anda, hubungi kami untuk penawaran menariknya!

WhatsApp chat